Menu Close

Seminar publik : Sosialisasi Perwali Kota Surakarta No.20 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia di Kota Surakarta

Sekretariat Bersama 65-Sekber’65 (red)-berkerjasama dengan Bappeda Kota Surakarta menggelar Seminar Publik “Sosialisasi Perwali Kota Surakarta No.20 tahun 2018 tentang Peningkatan Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia di Kota Surakarta.

Dalam acara ini dihadiri oleh Wakil Walikota Kota Surakarta, perwakilan dari Dinas OPD Surakarta, perwakilan dari Komda Lansia dan paguyuban lansia, perwakilan dari IKA (Indonesia Untuk Kemanusiaan), perwakilan dari TAF (The Asia Foundation), dan juga para tokoh masyarakat dan para lansia Kota Surakarta.

Seminar publik ini diadakan untuk memastikan implementasi Peraturan Walikota Surakarta No.20 Tahun 2018 tentang Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Di Kota Surakarta.
Wakil Walikota kota Surakarta dalam sambutannya juga mengatakan bahwa “Perwali kesejahteraan social lansia diharapkan dapat menjadi dasar untuk menjamin hak dan kewajiban para   dalam mensejahterakan diri, keluarga dan lingkungan masyarakat. Hal ini akan menjadi bukti yang nyata peran Negara dan Pemerintah dalam bertanggung-jawab atas aspek kehidupan social lansia. Perwali No.20 tahun 2018 baru di tetapkan bulan juli kemarin.”

Diharapkan dengan digelarnya acara ini para Lansia Kota Surakarta merasa terjamin hak-haknya yang selama ini mungkin belum terlalu diperhatikan. Dalam butir-butir Perwali lansia yang dijelaskan para narasumber telah dijabarkan secara detail hak-hak lansia yang dijamin oleh Undang-undang, sehingga diharapkan para Lansia di Kota Surakarta tidak mengalami diskriminasi. Para narasumber mengupas masing-masing pasal yang terdapat di Perwali Kesejahteraan Lansia ini.

Perwali ini mengatur setiap elemen masyarakat baik di Dinas Sosial maupun Dinas-dinas OPD terkait untuk memberikan jaminan bagi terpenuhinya hak-hak lansia yang tertuang di masing-masing pasal dalam Perwali ini, termasuk juga di dalamnya usaha dalam mengakses layanan publik baik di sektor kesehatan, transportasi, bahkan sampai di sektor pendidikan.

Di era modern sekarang ini, perkembangan teknologi maju begitu pesat, maka dengan Perwali ini para lansia yang rata-rata kurang mengikuti perkembangan teknologi tidak lantas tertinggal dan mampu mengakses layanan publik yang berbasis teknologi.

Dengan seminar publik ini Dinas OPD terkait bisa secara cepat bersinergi dalam melaksanakan secara optimal Perwali yang baru ini, agar para lansia bisa segera mendapat manfaat dengan keluarnya Perwali ini.

 

_dokumentasi sekber’65_

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Welcome to Our Site

Got it!
X