Menu Close

Kethoprak Srawung Bersama (KSB) : Pentas Teater “Ronggolawe”

Solo. Sekber’65 berkerjasama dengan Kethoprak Srawung Bersama (KSB) dan Teater Surakarta (TERA) menggelar pementasan Teater “Ronggolawe” pada Sabtu, 30 Maret 2019 yang bertempat di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Surakarta.

Sebelum teater berlangsung  dibuka oleh pembacaan puisi oleh Koordinator Sekber’65, Mbah narso. Puisi karya aktivis Wiji Thukul juga dibawakan demi mengenang peristiwa diculiknya sang aktivis reformasi yang sampai sekarang belum diketahui rimbanya.

Kemudian pentas teater dibuka dengan latar belakang kerajaan Majapahit. Mengambil kisah Ronggolawe yang digambarkan/dikiaskan sosok manusia yang begitu setia mengabdi untuk kemajuan, kewibawaan, dan kejayaan negara. Untuk mewujudkan cita-citanya itu, Ronggolawe harus rela kehilangan harta, tahta, keluarga, dan nyawanya, bahkan akhirnya harus mengambil keputusan untuk memberontak terhadap Kerajaan Majapahit.

Pergelaran Teater “Ronggolawe” yang melibatkan para budayawan dan seniman Surakarta seperti ST. Wiyono (Sutradara), Gigok Anurogo, Bambang Jodhit, dan kawan-kawan, mampu menarik animo masyarakat untuk menonton pertunjukan teater ini. Para penonton bahkan rela berjubel dan berhimpitan dalam menikmati sajian teater ini.

(dok.sekber65)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Welcome to Our Site

Got it!
X